twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Mengurangi Kematian Saat Menebar Benih Lele

Mengurangi Kematian Saat Menebar Benih Lele -
Benih Lele
Benih Lele Budidaya
Cara Budidaya Lele untuk saat ini memang masih menjadi paforit dikalangan pembudidaya, mulai dari pembudidaya professional sampai pembudidaya pemula dan masih mencari ilmu cara budidaya lele, untuk mereka mungkin sudah tidak masalah dalam prihal budidaya lele, mulai dari cara Perawatan Benih lele budidaya, Penanggulangan Penyakit Ikan Budidaya, sampai pada cara memijahkan lele budidaya tentunya sudah tidak masalah, tapi bagi pembudidaya lele pemula seperti saya, halini merupakan sebuah tantangan yang terbilang cukup berat, maka dari itu saya membuat blog Cara Budidaya ini untuk saling share ilmu Budidaya dengan rekan rekan yang sudah ahli dalam prihal Cara Budidaya Lele.


Ternyata setelah saya pelajari lebih mendalam memang budidaya lele ini tidak semudah seperti kita bayangkan, tapi tidak sulit juga jika kita mau belajar, salah satu ilmu yang saya dapatkan saat ini adalah bagaimana cara mengurangi kematian saat  menebar benih lele, cara penebaran benih lele budidaya ini ternyata adalah merupakan kunci dari keberhasilan dalam Budidaya Lele, karena jika kita menebar benih lele budidaya sembarangan ini akan menyebabkan tingkat stres pada ikan lele budidaya meningkat dan akan menimbulkan mudahnya terserang penyakit.

Setelah bertanya kesana kesini juga terus membaca buku tentang Cara Budidaya Lele serta mencari di mesin pencari Google.co.id akhirnya dengan semangat perjuangan 45 he..he... saya menemukan beberapa cara untuk Mengurangi Kematian Saat Menebar Benih Lele budidaya, ternyata dari hasil perjuangan tersebut masih banyak pantangan yang saya langgar, dan dari hasil pencarian tersebut akhirnya menemukan beberapa hal untuk Mengrangi Kematian saat penebaran benih lele budidaya, diantaranya:
  • Kualitas air kolam ikan budidaya lele
  • Ketinggian air kolam budidaya lele
  • Proses adaptasi lele pada kolam budidaya baru
  • Waktu penebaran benih lele pada kolam budidaya
  • Yang terpenting adalah Ber-Do'a. amin. he..he.. 
Masih kata buku dan hasil tanya sana sini juga, bahwa bila kita bisa menguasai beberapa poin di atas maka dengan secara tidak langsung kita telah mengurangi kematian saat menebar benih lele budidaya. untuk lebih kita simak beberapa penjelasan di bawah ini tentang Cara Mengurangi Kematian saat Menebar Benih lele.

1). Ideal dari Kedalaman Air Kolam yaitu sekitar 30 – 40 cm.
Jika kolam budidaya terlalu rendah akan menyebabkan populasi ikan budidaya menjadi terlalu berlebih setiap meter/segi-nya atau bahasa kerennya overcrowded, dikarenakan ikan lele budidaya merupakan ikan yang kurang cocok dengan panas sinar matahari secara langsung langsung, maka diusahkan untuk air kolam budidaya yang rendah kita memberikan peneduh, tapi peneduh ini pun jangan terlalu over, disesuaikan saja.


2). Pakan Alami (Plankton) Pada Kolam Budidaya baru
Pada sat Menebar benih lele budidaya usahakan didalam kolam budidaya terlebih dahulu disediakan pakan alami lele budidaya berupa plankton, ini dimaksudkan supaya lele bisa beradaftasi pada makanan yang   akan kita berikan nantinya.

3). Adaftasikan terlebih dahulu Benih Lele budidaya dengan Kolam budidaya Baru
Benih ikan lele budidaya yang baru kita beli diusahakan jangan ditebar begitu saja kedalam kolam budidaya baru. apalagi jika membelinya dari tempat budidaya yang cukup jauh, tentunya lele dalam plastik akan stres saat menempuh perjalanan (kita aja suka mabok bila diguncang-guncang di mobil he..he..) dan belum tentu kolam  kita memiliki pH yang sama dengan kolam asal benih lele budidaya tersebut.

Meskipun ikan lele budidaya memiliki ketahanan tubuh relativ lebih kuat bila dibandingkan dengan ikan budidaya lainnya, alangkah baiknya bila kita tetap mengadaftasikannya terlebih dahulu dengan kondisi air kolam budidaya baru, adapun untuk cara adaftasinya kita bisa menempuh beberapa cara diantaranya :
  • Usahakan mengaapungkan terlebih dahulu wadah tempat ikan lele budidaya di atas kolam budidaya baru kita. ini merupakan tahapan adaftasi benih lele dengan suhu kolam budidaya yang baru..
  • Saat membuka penutup wadah lakukan lah dengan perlahan-lahan dan biarkan air kolam masuk sedikit-demisedikit kedalam wadah benih lele budidaya yang akan kita tebar sampai ikan lele keluar dengan sendirinya.
  • Tidak dianjurkan untuk menebar benih lele budidaya pada siang hari saat cuaca terik.

4. Melarutkan Antibiotik Sebelum menebar lele budidaya
sebagai bahan antisipasi dari serangan hama penyakit ikan lele, sebelum kita menebar benih alangkah baiknya kita melakukan pencegahan terlebih dahulu dengan merendam benih ikan memakai anti biotik (ini hanya pencegahan saja, tidak dilakukan juga tidak masalah)

Itulah rangkuman sementara yang saya dapatkan tentang cara Mengurangi Kematian saat menebar benih lele Budidaya, untuk anti biotik ikan, penyakit ikan dan sebagainya saya akan menjelaskan lebih terperinci pada postingan selanjutnya, silahkan bila rekan-rekan budidaya ada yang mau nambahin atau memberikan kritik dan saran isi saja kotak komentarnya, Semoga dengan bertambahnya ilmu usaha budidaya lele kita makin maju dan sukses. Amin

9 komentar:

  1. Mas admin, gimana cara mengatasi lele terapung pada permukaan??

    BalasHapus
  2. terima kasih atas informasinya, artikel ini benar-benar membantu saya untuk mengembang biakkan lele sangkuriang. saya tunggu ulasan selanjutnya tentang lele.

    BalasHapus
  3. terima kasih mas informasi nya sangat bermanfaat semangat trus gagal coba lagi smpai menuju keberhasilan :D

    BalasHapus
  4. gimana kalau tingi airnya tidak mencapai 30 samoai 40cm ? apa yg akan trjadi ? makasih mass

    BalasHapus
  5. dengan kondisi air kolam lele yg saya buat agak keruh(tidak jernih),jadi dengan kondisi air sperti ini apakah baik utk saya tebarkan benih lelenya...? dan apakah tidak berpengaruh terhadap kematian benih yg akar saya tebar nantinya ?
    di tunggu komentarnya mas bro...

    BalasHapus
  6. Terimakasih info sharenya.Sdikit nmbahin untuk agan agan yg lain..faktor kmatian lele bsa disebabkan oleh air yg kurang baik kwlitasnya.sbelum ditebar sbaiknya yakin kan dulu air didalam kolam itu baik kondisinya..artinya tidak bau,tdk trlalu coklat atau trlau hijau akibat booming plankton.krna budidaya lele ada 3 dsar yaitu air,bibit,pakan dan itu tergantung dri pengmbangan pengolahan ke 3 dsar trsebut..salam sukses..

    BalasHapus