twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Penanggulangan Hama dan Penyakit Pada Ikan

Penanggulangan Hama dan Penyakit Pada Ikan -
penyakit pada ikan
Ikan terserang penyakit
Untuk rekan-rekan pembudidaya Hama penyakit pada ikan ini adalah masalah yang paling umum ditemui, dan ini juga lah yang sangat ditakutkan oleh para pembudidaya, bayangkan saja gara-gara hama kita bisa rugi total dan hancurlah rencana budidaya yang sudah kita susun sedemikian rupa itu,
semoga ini tidak menimpa padakita. amin, hama dan penakit ini bisa menyebabkan ikan kita mati secara mendadak, jikalau tidak mati hama juga bisa menyebabka ikan kita terhambat pertumbuhannya tidak jarang ikan menjadi kurus kerempeng padahal tiap hari kita kasih pakan ang sangat berkualitas. nah kalau ikannya kurus ini berarti akan mengakibatkan kerugian besar untuk kita, karena pemberian pakan tetap berjalan tiap hari tapi hasilnya minim. 

salah satu yang sering penyakit ikan yang sering kita temui adalah seperti bakterial, bakterial ini sangat merusak sekali pada hasil budidaya kita, tidak jarang kita rugi besar gara-gara si bakteri mungil ini he..he.. bisa 10-20% malah bisa mencapai 100% bila kita biarkan tanpa diobati, selain mati kualitas daging ikanpun menjadi jelek, ini dikarenakan daging ikan suka borok-borok, dan ikan borok tidak akan laku dipasaran. 

kebanyakan petani ikan di kita kurang memperhatikan jenis penyakit ini mereka menganggapnya hanya penyakit biasa, padahal ini bisa berakibat patal untuk kelangsungan budidaya, rekan-rekan harus sedikit teliti apalagi menghadapi musim hujan ke musim panas dan sebaliknya, karena pada saat inilah penyakit suka menyerang ikan-ikan kita. biasanya kalau ikan mulai terserang dapat kita lihat dari ciri fisiknya, misalnya perutnya sedikit kembung, nah untuk rekan-rekan budidaya yang ingin aman dari serangan penyakit ini harus selalu memperhatikan dan terus mencari informasi tentang penanggulangannya. insyaAllah nanti saya juga akan segera membahas lebih detail tentang penyakit dan obatnya dalam postingan selanjutnya.

Cara Penanggulangan Penyakit Ikan 

Penyakit ikan ini tidak datang begitu saja, tapi lebih banyak disebabkan oleh faktor-faktor kelalayan kita juga, misalanya : 
  1. Faktor Lingkungan (airnya yang kurang sehat)
  2. Bibit ikan yang kurang baik
  3. Jasad penyakit
Tiga faktor ini biasanya yang menjadi faktor timbulnya penyakit pada ikan budidaya kita, tiga faktor ini bisa menyebabkan ikan menjadi setres dan mudah terserang penyakit.

Melakukan Pencegahan

Sebelum kita mengobati alangkah baiknya kita mencegah terlebih dahulu sebagai mana pepatah mengatakan "Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati" dari segi biayapun pencegahan ini relatif gratis daripada mengobati yang harus mengocek kantong kita, terus pengobatan belum tentu bisa menyembuhkan 100%,ada beberapa tips dan teknik buat rekan-rekan pembudidaya dalam hal pencegahan yang bisa dilakukan seperti secara kimia, biologis dan mekanik, untuk cara kimia yaitu usaha pencegahan dengan memanfaatkan senyawa kimia, dan secara mekanik yaitu pencegahan menggunakan bantuan peralatan mekanik, sedangkan teknik biologis adalah memanfaatkan prinsif-prinsif biologis, untuk memaksimalkan hasil dari pencgahan ini ada beberapa tifs yang bisa dilakukan seperti :

a) Memebersihkan Kolam 

Membersihkan kolam dimaksudkan untuk membersihkan parasit, jamur, virus, bakteri yang ada di dalam kolam. nah cara pembersihan ini bisa dilakukan dengan cara pengeringan kolam, atau menggunakan bahan kimia yang biasa digunakan.

b) Membersihkan Peralatan yang biasa dipakai 

biasanya dalam budidaya kita selalu menggunakan beberapa peralatan bantu seperti ember, sair, ayakan, plastik dan lain sebagainya, jangan anggap remeh alat bantu ini karena peralatan ini bisa menjadi jalan atau sumber dari masuknya penyakit ke kolam budidaya kita, untuk menyeterilkan peralatan ini rekan-rekan bisa mencelupkannya ke larutan PK atau sering disebut Obat Biru.

c) Membersihkan Ikan peliharaan kita

untuk cara ini kita bisa melakukan pemisahan ikan atau biasa disebut karantina, karantina bisa dilakukan dalam beberapa hari, dengan teknik ini kita bisa mengetahui apakah ikan kita ini bersih dari penyakit atau ada gejala-gejala terserang penyakit. kalau menunjukan terserang kita bisa segera mengantisipasinya.

d) Membersihkan Benih sebelum ditebar kedalam kolam 

Pengobatan Ikan Nila
Pengobatan  Ikan
ini merupakan hal penting juga karena benih inilah yang menentukan kelangsungan hidup ikan selanjutnya, teknik pencegahan dengan pembersihan benih ini bisa dilakukan saat benih mau ditebar kita rendam dulu benih dengan garam dapur sebanyak 10g/liter air selama 15/30 menit, atau bisa juga menggunakan Kalium Permanganat (PK) dengan dosis 4mg/liter air selama 30 menit.

e) Meningkatkan Kekebalan ikan yang kita budidaya

Teknik ini sebenarnya sudah biasa dilakukan oleh para pembudidaya seperti menyuntikan vaksin ketubuh ikan, atau bisa juga dengan merendam ikan dengan larutan vaksin dan lain-lain atau bisa juga dengan memberikan obat-obatan herbal alami, nah untuk herbal alami ikan nanti InsyaAllah saya akan husus membahasnya dalam postingan selanjutnya.

Hama Ikan Pada Kolam Terpal

hama yang sering kita temui dalam budidaya di kolam terpal sangat beraneka ragam, misalnya hama Pemangsa, Saingan Ikan, dan Hama Perusak pada kolam terpal itu sendiri, nah untuk menanggulangi Hama pada kolam terpal ini saya sarankan untuk menanggulanginya dengan cara tradisional saja atau dengan kata lain tidak menggunakan obat-obatan buatan pabrik, karena obat buatan pabrik malah suka menimbulkan hal-hal yang kurang baik yang tidak kita inginkan, apalagi kalau kita kurang pengetahuan dalam hal penggunaan obat-obatannya.

Sebagai antisipasi dasar kita juga bisa memberikan penutup untuk kolam kita supaya pemangsa tidak dapat masuk kedalam kolam, atau bisa juga memagar sekeliling kolam, dibawah ini beberapa hama yang biasa menggangu kolam terpal kita :
  • Burung, Ayam dan mamalia lainnya

Untuk penanggulangan burung atau mamalia lainnya yang suka memangsa ikan kita bisa saja membuat pagar atau penutup kolam dengan menggunakan jaring.
  • Katak dan Ular

Katak yang lapar bisa saja memakan ikan-ikan kecil yang kita budidaya, nah rekan rekan bisa menanggulanginya dengan cara menangkap katak ini satu-persatau, yah itung-itung seperti sikarnadi aja lah he.he..he.. jangan lupa buang telur-telur katak yang mengapung dipermukaan kolam, 
Untuk masalah ulah ini biasanya kalau kita rajin mengontrol kolam kita ini jarang sekali terjadi, tapi bilamana terjadi rekan-rekan bisa panggil saja tuh tetangga yang suka nangkepin ular he..he..
  • Insekta 

Untuk insekta rekan bisa menggunakan jaring yang tebal, jangan lupa membersihkan rumput-rumput dan tumbuhan lainnya yang ada disekitar kolam. atau bisa juga menutup kolam terpal kita dengan jaring yang matanya sangat kecil, seperti kelambu.

Alhamdulillah pegel juga nih ngetiknya, oke deh sekian dulu sedikit pengetahuan tentang hama dan penyakit pada ikan ini dan nanti akan saya sambung lagi secara mendetailnya, semoga ada manfaatnya oce. terimakasih. untuk kritik dan saran silahkan isi kotak komentarnya. selamat mencoba

14 komentar: