twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Pengobatan Herbal Ikan

Pengobatan Herbal Ikan - Pada postingan kali ini saya akan coba berbagi dengan rekan-rekan pembudidaya ikan tentang jenis tanaman obat-obatan ada disekitar lingkungan kita, tanaman-tanaman ini bisa kita gunakan sebagai obat untuk beberapa jenis penyakit ikan, obat herbal ikan ini sangat epektif sekali dibandingkan dengan obat-obat kimia karena obat herbal ikan ini tidak mengandung resiko tinggi bagi ikan bila dibandingkan dengan obat kimia lainnya.

Ada beberapa keuntungan dari pengunaan tanaman-tanaman ini karena tanaman ini bisa berguna sebagai anti biotik memang berguna untuk penanggulangan bakteri, tanaman ini juga sangat ramah lingkungan, mudah hancur dan tidak menebabkan residu pada ikan budidaya terutama pada kita juga, tanaman ini persediannya cukup banyak karena memang dikita banyak ditanam satu lagi yang terpenting dari penggunaan tanaman obat ini adalah harganya yang sangat murah, malahan bisa gratis (Catatan : Bila yang punya tanaman ini pas dipinta tidak rewel he...he..he..)

Contoh beberapa tanaman yang bisa dijadikan sebagai anti biotik seperti :

1. Meniran 

herbal ikan meniran
Meniran
Meniran ini banyak sekali terdapat di daerah kita, meniran ini berhasiat sekali untuk pengobatan Aeromonas Hydrophilia yaitu sejenis bakteri  dapat menyebabkan timbulnya penyakit ikan, yang sangat berbahaya dari bakteri ini si bakteri suka menyerang ikan kita masih kecil dan ikan kecil biasanya tidak tahan terhadap penyakit ini alhasil matilah semua ikan kita. Untuk pengobatannya meniran bisa rekan-rekan rendam selama 5 jam dalam air dengan dosis 5000mg/liter



 

2. Kipahit

kipahit herbal ikan
Kipahit

Kipahit ini malah suka tumbuh disembarang tempat dan kita suka mengabaikannya begitu saja, padahal kipahit ini sangat ampuh untuk sebagai anti Micobacterios, cara mengolahnya adalah dengan merendam kipahit ini selama 3 jam dan dosis nanti diberikan adalah 10.000mg/liter air





3. Daun semboja

Seboja herbal ikan
Semboja

Untuk daun semboja ini bisa dijadikan sebagai anti aeromonas hydrophilia hampir sama dengan kegunaan dari daun meniran, cara penggunaannyapun sama yaitu direndam dan dosis digunakan adalah 600-700ml/liter

 

 

4. Daun sambiloto

herbal ikan sambiloto
Sambiloto

 

Nah daun sambiloto ini sama kegunaannya dengan daun semboja namun cara perendamannya agak sedikit lama dosis dianjurkan dalam pemberian yaitu 400mg/liter.





Oke rekan semua sementara mungkin itu saja dulu share tentang jenis tanaman bisa digunakan untuk obat Ikan, oh iya nih hampir lupa ada juga tanaman-tanaman bisa digunakan untuk pengendalian jamur yang sering kita temui menempel pada tubuh ikan bisa rekan-rekan atasi seperti dengan pemberian Ekstrak bawang putih, daun sirih, daun pepaya dan brotowoli untuk lebih jelasnya insyaAllah akan segera saya posting juga di lain kesempatan, selamat mencoba semoga bermanfaat.jangan lupa untuk membaca artikel tentang Tips Obat Jamur Ikan Lele Sangkuriang

16 komentar:

  1. untuk ikan yang terkena penyakit perut kembung dan berenangnya seperti angka 1 atau sungut nya ke atas, yang cocok obat herbal apa mas??????

    BalasHapus
    Balasan
    1. tolong di balas ya mas....email saya : siahaanbilllord@yahoo.co.id

      Hapus
    2. itu disebabkan oleh bakteri Mycobacterium fortoitum mas Anonim, untuk cara pengendalian penyakit itu adalah dengan memperbaiki kualitas air serta lingkungan sekitar kolamnya mas. bila sudah terlanjur terserang dan parah sekali maka saya sarankan untuk menggunakan Terramycin yang dicampur dengan makanan 5-7,5 gram/100 kg ikan/hari selama 5-15 hari secara rutin mas, tapi bila terjangkitnya belum parah nanti saya emailkan obat herbal serta cara penggunaannya mas. trimaksih dah berkunjung

      Hapus
    3. ok mas saya tunggu email nya.....oh ya mau tanya sekali lagi mas...Terramycin nya di encer kan pake air dulu ya????? soalnya Terramycin yang saya beli di apotik ini berbentuk salep untuk obat mata...apa bener mas????? perkiraan 5-7,5 gram ini memang harus di timbang ya mas???? kalo untuk ukuran sendok teh seberapa banyak itu mas??? bisa di kira2 ga??? atau boleh di kira2 aja????

      Hapus
    4. He..he...he.... dari sekian banyak tanda tanya yang mas tuliskan hanya 2 hurup saja sebagai jawabannya "YA" he..he.. yang penting jangan dikasih cabe mas entar lelenya kepedesan xi...xi....

      Hapus
  2. selamat malam mas..untuk pemakaian teramicyne nya boleh dicampur dengan probiotik atau bawang putih ga???? atau cuma teramicynenya aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. satu-satu aja mas kalau mau pake probiotik toko, pakailah probiotik toko, kalau mau pake bawang putih sebagai pengganti probiotik ya bawang putih aja walau memang tidak masalah sebenarnya, tetapi usahakan untuk bertahap dan bersabar serta pilih salah satu aja biar reaksinya kelihatan mas, nih saya kasih resep kalau mau pake bawang putih : Dosis 10-20 gram per kilogram pakan, Tumbuk bawang putih sampe halus ya mas, campurkan ke dalam telur ayam yang sudah dikocok terlebih dahulu + teramicynenya lalu dicampur dengan pakan atau pelet. Setelah tercampur rata, keringkan pelet tersebut, oke mas selamat mencoba

      Hapus
  3. asalamualaikum ssaya jadi ikutan tanya ni fator lele kebung saat berusiya 15 hari paya makasi sebelum nya hormat kami tolong balas makasi wasalam

    BalasHapus
  4. oya saya juga mau resep nya dan ini imal saya musyafax@gmail.com

    BalasHapus
  5. mas. saya juga minta tolong obat herbal untuk lele donk. lele saya masuk minggu ke dua. tapi mulai byk mati krn perut busung. tolong yamas. sekarang saya udah beli terramicin. email saya sy.creative@gmail.com
    makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya yg sering terjadi bilamana lele kembung perutnya itu hanya disebabkan oleh kurangnya oksigen terlarut dalam air, dan bisa juga dikarenakan pemberian pakan yg kurang teratur

      Hapus
  6. sya mau tnya nie mas
    lele sya thu d serang pnykit d bgian kepala mas,kpla nya pda luka luka,trs ikanya berengnya gak karuan gthu,lma klmaan sya biar kan ,trnyta pd mati mas & menular
    thu pnkit apya mas,n pencegahannya gmna ya mas

    mksih sblmnya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan herpes atau aeromonas gan, coba pakai supertetra gan atau TOGATSU saja

      Hapus
  7. Mas ikutan nanya ya.. saya pemula dalam pembudidayaan ikan air tawar. kenapa ya mas bibit ikan2 gurami yg saya tebar setiap harinya ada aja yg mati. bahkan bs sampai 5-10 ekor tiap harinya dalam 2 minggu setelah penebaran benih. ciri2 nya sebelum mati. ikan pd muncul di permukaan air dan lemas. trus warna pd ikan belang2 mas. mohon bantuannya ya mas tindakan apa yg harus saya lakukan.

    BalasHapus
  8. bang ! apa obatnya kalau ikan mas busuk insang ? atau insangnya penuh lendir dan bengkak.

    BalasHapus
  9. mas boleh bagi tutorial obat herbalnya, ini email saya andy_pratama55@yahoo.com, makasih sebelumnya mas. oh ya beli teramicyne tempatnya di mana mas??

    BalasHapus