twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Mengembangbiakan Kutu Air untuk pakan larva

Mengembangbiakan Kutu Air untuk pakan larva -
Kutu air
Dhafnia Kutu Air
Setelah beberapa saat lalu saya membahas tentang jenis-jenis pakan alami larva ikan, kini bagi rekan budidaya yang ingin mengembangkan kutu air moina dan daphnia sebagai pakan larva ikan budidaya bisa dengan cara sederhana seperti sebagai berikut : untuk mengembangkan kutu air sebagai pakan larva ikan ini rekan budidaya bisa menggunakan kolam semen, kolam plastik, kolam fiberglas atau kolam tanah sekalipun (untuk kolam tanah usahakan untuk dikeringkan terlebih dahulu)

Bahan-bahan untuk mengembangkan kutu air pakan larva ikan ini diantaranya:
  • Jerami sebanyak 0,2gram/liter air kolam
  • pupuk kandang 0,2 g/liter air kolam
  • bungkil kedelai 0,2g/liter air kolam

Cara pembuatannya yaitu campurkan semua bahan diatas dan diaerasi selama kurang lebih dua minggu sampai airnya menjadi berwarna coklat.

Bila air kolam sudah berubah menjadi berwarna coklat, benih kutu air moina dan daphnia mulai kita tebar dengan kepadatan beih kutu air sekitar 30 ekor/liter air kolam. supaya kutu air dan daphnia tetap banyak rekan budidaya harus melakukan pemupukan ulang setiap setelah panen, pupuk yang diberikan hanya setengah saja dari jumlah pemupukan awal.

Panen kutu air moina dan dhapnia ini bisa rekan lakukan setiap 7 hari sekali dan rekan budidaya bisa mendapatkan benih kutu air dan daphnia ini dengan mengambil dari alam, biasanya banyak di tempat pembenihan ikan atau perairan lainnya. nah itulah trik sederhana mengembangbiakan kutu air, semoga bermanfaat. jangan lupa untuk membaca tentang Cara budidaya Cacing Sutra. terimakasih

3 komentar:

  1. Apa air harus benar-benar berwarna kecoklatan gan.??

    BalasHapus
  2. Dimana kita bisa mendapatkan bibi kutu Air?

    BalasHapus