twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Pembesaran Nila Gift Kolam Tanah

Pembesaran Nila Gift Kolam Tanah -
Pemeliharaan Nila Gift
Ikan NIla
Cara Budidaya : Pembesaran Nila Gift di Kolam Tanah sangat menguntungkan apalagi hasil produksi nila gift sekarang banyak diminati dipasaran, cara pembesaran nila di kolam tanah pertama yang harus kita lakukan adalah memperbaiki pematangnya (galengan) terlebih dahulu, berlanjut pada saluran air serta pintu air lainnya.  usahakan untuk mengangkat lumpur pada dasar kolam, lalu keringkan kolam sampai terlihat ada retakan-retakan, pengeringan kolam ini dimaksudkan untuk memusnahkan semua hama yang ada pada kolam ikan. setelah kolam kering kita bisa melakukan pengapuran sebanyak 50 g/m2 serta melakukan pemupukan menggunakan pupuk kandang sekitar 250 g/m2.  bila pengapuran dan pemupukan beres kita bisa mengisi kolam dengan air sampai ketinggian seukuran tinggi kolam (sisakan 10-20cm dari permukaan kolam) diamkan kolam selama 3 hari, pada hari ke 3 lakukan pemupukan menggunakan pupuk urea dan TSP  sebanyak 2,5 g/m2 serta 1,25 g/m2.


Bila persiapan kolam sudah beres kini kita tinggal menebar benih, untuk kategori pembesaran kita bisa menebar benih dengan ukuran sekitar 3-5cm (1,25g) pilihlah benih yang sehat adapun ciri benih sehat adalah berwarna cerah serta waktu diberi pakan responnya cukup baik. padat penebaran untuk sistem semi intensif kita bisa menebar 4 ekor /m2, untuk super intensif kita bisa menebar sebanyak 20ekor/m2 dengan target panen selama 6 bulan adalah 500g/ekor. bila masa pemeliharaan cuman 3 bulan berarti ukuran yang akan dihasilkan sekitar 250g/ekor.

Cara pemberian pakan pada saat pemeliharaan kita bisa memberikan pakan pelet sekitar 3%-5% dari berat ikan, pemberian pakan bisa dilakukan 3x dalam sehari untuk super intensif, bila benih ikan nila gift ingin cepat besar berikanlah pakan yang benar-benar berkualitas, usahakan protein yang terkandung minimal 25% (untuk lebih jelasnya tentang pakan nanti akan saya jelaskan pada postingan selanjutnya)

Selama pemeliharaan 2 bulan usahakan ketinggian air tetap sama seperti pada saat penebaran, bila sudah 2 bulan lebih usahakan untuk menaikannya sekitar 30-40% dari tinggi semula.

setiap 2 bulan sekali usahakan supaya melakukan pemupukan ulang pada kolam menggunakan pupuk kandang sebanyak 250g/m2, ini beda dengan pemupukan urea dan TSP yang harus dilakukan setiap minggunya pada masa pemeliharaan sebanyak 2,5g/m2 dan 1,25g/m2.

Bila target pasar ikan nila yang kita hasilkan adalah untuk pasar lokal, maka kita hanya cukup waktu sekitar 3 bulan saja dengan menghasilkan berat ikan sekitar 200-250g/ekor, tetapi bila pasar ekspor seperti untuk pilet tentu harus ukuran 500g/ekor dengan masa pemeliharaan 6 bulan. Untuk hal tersebut tentukanlah terlebih dahulu target pasar yang akan kita bidik sebelum kita memulai budidaya.
Itulah sekilas terlebih dahulu tentang artikel Cara Pemeliharaan Nila Gift di Kolam Tanah, semoga bermanfaat jangan lupa untuk membaca artikel lainnya tentang ikan nila gift. Terimakasih

0 komentar:

Poskan Komentar

iklan