twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Teknik Pembesaran Lele Sangkuriang

Teknik Pembesaran Lele Sangkuriang -
Pembesaran lele sangkuriang
Kolam lele Subagdja Farm
Segmen Pembesara lele sangkuriang yaitu menghususkan pemeliharaan lele sampai menghasilkan ikan konsumsi, biasanya benih yang digunakan untuk segmen pembesaran menggunakan ukuran 5-6cm, tetapi bisa juga kita menggunakan benih ukuran 7-8cm atau 9-10cm, pada segmen ini nantinya akan dihasilkan lele dengan ukuran 6-9 ekor/kilonya.


Untuk menghasilkan lele sangkuriang siap konsumsi rekan budidaya harus selektip dalam pemilihan benih mulai dari kesehatan, kualitas benih serta ukuran juga sangat berpengaruh sekali nantinya pada hasil panen, untuk ukuran pemeliharan semi intensive biasanya bila kita menggunakan benih dengan ukuran 5-6cm akan memakan waktu sekitar 50-60 hari sampai panen, tetapi bila rekan menggunakan teknik intensiv dan super intensiv tentunya akan lebih cepat untuk masa panen.


Dalam segmen pembesaran pemberian pakan adalah salah satu peran terpenting dalam menentukan keberhasilan segmen ini, untuk pemberian pakan mungkin rekan-rekan sudah pada tahu untuk pola intensiv dan super intensiv atau semi intensive. Ada satu hal lagi yang tak kalah penting dari pemberian pakan yaitu cara pembuatan kolam yang standar buat pembesaran, pada tahap kali ini saya menyerankan bagi pemula bila mana rekan mau menggelut segmen ini usahakan untuk menggunakan kolam terpal saja, dengan alasan lebih mudah dan sangat banyak memiliki keuntungan.

Sebagai metode awal untuk para pembudidaya ternak lele baru, saya menyarankan untuk membuat satu kolam dengan ukuran sekitar 5 m x 2 m dan mempunyai kedalaman sekitar 125 cm s-d 130 cm, pada ukuran kolam budidaya segmen pembesaran seperti ini biasanya menggunakan bahan terpal dengan ukuran 8 m x 5 m = 40 m2, dikarenakan kolam terpal akan memuat air yang cukup banyak, alangkah baiknya bila rekan budidaa menggali tanah terlebih dahulu dengan kedalaman sekitar 60cm. untuk menghasilkan kedalaman sekitar 125-130cm rekan bisa menggunakan tanah hasil galian tersebut dibuat tanggul di pinggir kolam, untuk dinding kolam biar menghemat biaya rekan bisa menggunakan talupuh atu seseg atau bahan lainnya.

Untuk ukuran lebar kolam terpal 5 m x 2 m atau 10 m2 ini dapat menampung  benih ikan lele sangkuriang sebanyak 1000 s/d 1200 ekor untuk semi intensiv, untuk intensiv dan super intensiv rekan budidaya bisa menebar benih mencapai 5000ekor, bila kolam sudah siap rekan tinggal melakukan tahap selanjutnya seperti menebar benih dan pengomposan kolam.

Untuk cara pemberian pakan dan penebaran benih, pengomposan kolam lele dan yang lainnya silahkan rekan baca artikel terkait lainnya tentang cara budidaya lele yang ada di blog ini. terimakasih semoga bermanfaat, bila ada pertanyaan jangan ragu silahkan isi kotak komentarnya.

Perlu di perhatikan : Kualitas benih yang akan kita tebar sangat berpengaruh sekai pada hasil produksi, untuk itu rekan budidaya  dalam memilih benih haruslah selektif dan berhati-hati, ambilah benih dari pembudidaya yang sudah berpengalaman dan terpercaya dalam pembenihan lele sangkuriang.

1 komentar:

  1. kang boleh minta alamat dan no yang bisa di hub.. japri yaa ke adi.syafrudin@gmail.com

    BalasHapus