twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Persiapan Kolam Lele untuk Pembesaran

Persiapan Kolam Lele untuk Pembesaran - Setelah beberapa saat lalu saya membahas tentang Ramuan Untuk Induk Lele agar bertelur kembali dalam waktu 1-1,5bulan kali ini saya akan memberikan tips tentang Persiapan Kolam Lele untuk Pembesaran agar bisa selamat sampai panen tanpa menemui kendala yang berarti
seperti terserang penyakit atau kematian masal yang disebabkan oleh jeleknya air kolam lele.

Persiapan kolam lele pada segmen pembesaran kali ini adalah meliputi sebagai berikut :

1. Air kolam harus sudah matang sebelum ditebar benih
Maksud dari matang disini yaitu air kolam siap 100% untuk ditebar benih, adapun ciri air kolam lele sudah siap (matang) dapat dilihat dengan ciri-ciri sebagai berikut :
a. Tumbuh jentik nyamuk
b. Tumbuh kutu air dan sejenisnya
c. Air terlihat berwarna hijau bening (tidak berbau)

Persiapan Kolam Lele
Contoh Air Kolam Hijau Bening  O'Gas Farm

2. Lakukan Penebaran Benih pada pagi, sore atau malam hari
Bila benih lele ingin selamat dan tidak mati jangan coba-coba untuk menebar benih lele pada siang hari apalagi pada cuaca terik, untuk lebih jelasnya tentang cara menebar benih rekan budidaya lele bisa membaca tulisan saya tentang Mengurangi kematian saat menebar benih ikan lele.

3. Pemberian Pakan
Pada awal pemeliharaan benih lele usahakan dalam memberikan pakan dengan cara diseduh terlebih dahulu menggunakan air panas atau dibibis juga boleh dan jangan lupa memberikan probiotic serta vitamin agar benih lele selalu sehat dan tahan terhadap serangan penyakit.
pakan persiapan kolam lele
Pemberian pakan Lele Merah O'Gas Farm

4. Penggunaan Probiotic
Bila rekan budidaya lele akan menggunakan probiotic untuk air kolam maka rekan budidaya harus menggunakannya 4 hari sebelum benih di tebar, ini dimaksudkan untuk memaksimalkan kinerja dari probiotik tersebut.

5. Anti Septik
penebaran anti septik dapat kita lakukan 10 hari sebelum benih di tebar, bila tidak ada anti septik maka kita bisa menggantinya dengan garam ikan/ garam kerosok, alangkah baiknya lagi saya sarankan untuk menggunakan obat herbal alami buatan sendiri, atau rekan bisa baca tulisan saya tentang Herbal untuk persiapan air kolam lele.

6. Pergantian air kolam
Dalam pergantian air kolam pada segmen pembesaran ini jangan di anggap remeh, karena salah dalam pergantian air kolam serta tidak tepat waktu maka akan menyebabkan kerugian bagi kita, usahakan bila kita melakukan pergantian untuk mengendapkannya terlebih dahulu.

Itulah beberapa tips untuk persiapan kolam lele pada segmen pembesaran yang dapat saya tulis untuk saat ini, semoga pada tulisan selanjutnya nanti bisa menjelaskannya lebih rinci dan mendetail lagi, oke semoga artikel tentang persiapan kolam lele ini bermanpaat bagi rekan semua, kritik dan sarannya ditunggu di kotak komentar. Trimakasih

0 komentar:

Poskan Komentar

iklan