twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Menyetabilkan PH Air Kolam Lele Memanfaatkan Pohon Pepaya

Menyetabilkan PH Air Kolam Lele Memanfaatkan Pohon Pepaya - Masih melanjutkan postingan yang kemarin, bila kemarin kita membahas tentang menjaga keasaman air kolam ikan lele dengan menanami tumbuhan air di dalam kolam, serta postingan tentang bahayanya bila Ph air kolam lele berubah-rubah secara drastis, maka kali ini kita akan memanpaatkan salah satu kekeyaan alam sebagai penyetabil Ph air kolam lele.


Seperti kita ketahui perubahan cuaca dari cuaca panas ke dingin atau hujan sangat perlu kita antisipasi apalagi bila kolam ikan lele kita berada di tempat terbuka, biasanya bila pada kolam terbuka bila hujan tiba maka air hujan akan masuk ke dalam kolam yang akan menyebabkan menurunnya Ph air kolam sehingga sangat perlu kita netralisir kembali supaya benih ikan lele yang kita pelihara tidak terserang penyakit.


Salah satu tanaman yang mempunyai kegunaan sebagai pensetabil ph air kolam lele saat kolam kita diguyur hujan adalah POHON PEPAYA, pepaya ini mulai dari daun hingga pohonnya semuanya bisa kita gunakan  sebagai penetralisir dengan cara memasukannya kedalam air kolam.

Khasiat Pepaya
Pohon Pepaya

Sebagai mana postingan saya sebelumnya bahwa pohon pepaya ini bukan hanya sebagai penetral ph air kolam ikan lele tetapi bisa juga sebagai obat herbal bagi ikan lele pada saat musim hujan, karena biasanya pohon pepaya yang kita masukan akan ditumbuhi oleh lumut dan lumut tersebut akan dimakan oleh ikan lele yang tanpa disadari sudah mengandung obat herbal.

Selain pohon pepaya bila kita mau mengantisipasi menurunnya ph air kolam lele kita juga bisa menggunakan garam ikan atau bogol pisang, tetapi perlu diperhatikan jangan sampai menambahkan bogol pisang terlalu banyak karena dosis yang berlebih malah akan ber efek buruk.

Ok sekian dulu pembahasan tentang Menyetabilkan Ph air dengan memanfaatkan pohon pepaya, semoga artikel yang saya rangkum ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih


18 komentar:

  1. makasih gan buat tips dan infonya, sngat bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama gan Cirebon, trimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  2. postingan yang bagus tentang Menyetabilkan PH Air Kolam Lele Memanfaatkan Pohon Pepaya

    BalasHapus
  3. Pemula Gak Punya Modal13 September 2012 20.59

    mang mau tanya neh jadi kalo ph air dikolam tiba tiba naek fungsi pohon pepaya tuh bisa menurunkan ph ya? karena saya pakai air sumur bor yg tadinya ph 7,5 kena hujan jadi 9 apa bisa kembali normal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sipppp gan, yg jelas Ph air akan stabil walau tidk stabis seperti semula

      Hapus
  4. Terima Gan artikel-ertikelnya cukup informatif dan bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih sudah berkunjung gan

      Hapus
    2. Gan ogas mau tanyak ya,
      klo bnih umur 1 mnggu perutnya buncit itu knapa ya?
      Sya pkek air smur gan apakah kurank baik untk pempenihan
      mksh gan

      Hapus
    3. Gan Aris, memang air sumur kurang oksigen terlarutnya, sebaiknya persiapan airnya diperlama gan

      Hapus
    4. Trimakasi banyak gan ogas

      Hapus
  5. bos mau ikut belajar ternak bs ga ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan gan, dengan senang hati

      Hapus
  6. Gan ini aq sidoel dari ponorogo.ini mau tanya gan sebenarnya air untuk kolam lele yang baik itu perlu diganti atau tidak per minggu?

    BalasHapus
  7. link download bokep http://downloadbokep4u.blogspot.com/

    BalasHapus
  8. salam kenal bos mau tanya gimana caranya menghilangkan bau pada kolam lele dari semen atau ada obatnya, kalau ada beli dimana o. ya nama saya puji di palembang saya sudah satu tahun mulai pembesaran lele ya lumayan juga hasilnya namum ada satu kendala yaitu pada bau tadi karena tempat saya sulit air jadi cuma mengandalkan air sumur saja luas kolam saya 3x3 dengan bibit 2000 ekor apakah itu sudah standar atau kebanykan gitu aja bos makasaih banyak infonya.

    BalasHapus
  9. salam kenal bos mau tanya gimana caranya menghilangkan bau pada kolam lele dari semen atau ada obatnya, kalau ada beli dimana o. ya nama saya puji di palembang saya sudah satu tahun mulai pembesaran lele ya lumayan juga hasilnya namum ada satu kendala yaitu pada bau tadi karena tempat saya sulit air jadi cuma mengandalkan air sumur saja luas kolam saya 3x3 dengan bibit 2000 ekor apakah itu sudah standar atau kebanykan gitu aja bos makasaih banyak infonya.

    BalasHapus
  10. sudah saya coba, n hasilnya bagus,,,,setelah kolam saya diguyur hujan 1 hari penuh dari pagi sampai sore ikan langssung stres n berkurang nafsu makannya, besoknya ad ikan yang mati, langsung saya kasih daun pepaya lumyan banyak n hasilnya normal lagi. so thanks buat infonya.sangat bermanfaat.....

    BalasHapus