twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Penambah Napsu Makan Ikan Lele

Penambah Napsu Makan Ikan Lele - Temulawak, Apa itu temulawak ? untuk daeraha jawa memang pade menyebutnya Temulawak, tapi bila disunda maka namanya yaitu koneng gede, lainlagi dengan di daerah Madura yang menyebutnya temulabak.
Bagian yang sering dimanfaatkan dari temulawak ini adalah rimpangnnya yang suka dijadikan sebagai jamu tradisional godog, Temulawak memiliki kandungan 48-59,64 % zat tepung, dan juga mengandung 1,6-2,2 % kurkumin serta mengandung 1,48-1,63 % minyak asiri, temulawak juga dipercaya bisa meningkatkan kerja fungsi ginjal juga anti inflamasi selain itu masih banyak lagi manfaat lainnya yang terkandung pada temulawak ini. (Wikipedia : Temulawak)

Selain bermanfaat buat manusia ternyata temulawak ini sangat bagus untuk menambah napsu makan pada ikan lele yang kita budidayakan, nah bagi rekan-rekan budidaya yang ikan lelenya kurang napsu makan boleh juga mencoba herbal alami penambah napsumakan dari bahan temulawak ini.

Kita langsung saja kecara pembuatan serta cara mengaflikasikannya dan bahan-bahan yang perlu kita sediakan adalah sebagai berikut :

1. Sediakan temulawak sebanyak 0,2 Kg (2 ons)

Penambah napsu makan ikan
Temulawak

2. Sediakan Air hangat secukupnya atau sekitar 1/4 liter
Air hangat
Air Hangat

3. Saringan dan parutan


Untuk cara pembuatan penambah napsu makan ikan lele dari bahan temulawak ini yaitu :
1. Temulawak yang tadi sudah kita persiapkan kita parut halus
2. Kita seduh temulawak yang tadi kita parut dengan air hangat
3. Setelah tercampur rata lalu kita peras temulawak tadi dengan menggunakan saringan

Untuk cara mengaflikasikannya yaitu dengan cara mencampurkan air perasan tadi kepakan pelet yang akan kita berikan pada ikan lele, usahakan setelah dibibiskan atau di campurkan dengan pakan pelet untuk mendiamkannya terlebih dahulu selama 5-10 menit agar sari temulawak meresap.

Itulah salah satu tanaman herbal temulawak yang dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan ikan lele, semoga bermanfaat  dan jangan lupa untuk membaca artikel tentang Herbal untuk persiapan air kolam lele agar lele sehat dan selamat sampai panen. Trimakasih


Sumber : Wikipedia

19 komentar:

  1. postingan yang bagus tentang Penambah Napsu Makan Ikan Lele

    BalasHapus
  2. Apa sudah pernah dicoba sendiri di kolam mang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah, dan memang lumayan bagus hasilnya, tapi yg harus bertahap pemberiannya. trimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  3. Azolla sangat kaya akan protein, asam amino esensial, vitamin (vitamin A, vitamin B12 dan Beta- Carotene), mineral seperti kalsium, fosfor, kalium, zat besi, dan magnesium. Berdasarkan berat keringnya, mengandung 25 – 35% protein, 10 – 15% mineral dan 7 – 10% asam amino, senyawa bioaktif dan biopolymer. Komposisi nutrisinya membuat Azolla sangat efisien dan efektif sebagai pakan ikan, ternak, dan unggas. Kami menyediakan BIBIT AZOLLA. Untuk pemesanan hubungi 0857 1790 7467, 0823 3234 8282 info selengkapnya tentang azolla: http://bibitazollagambiran.blogspot.com/2012/07/manfaat-tanaman-azolla.html

    BalasHapus
  4. btuh bnyk bljr/ilmu nih kyk nya ,soalnya saya mw berkecimpung dibidang pembibitan lele...
    Takut2 jg sih..tkut indukan lele nya tdk bs brtelur..hehehe

    BalasHapus
  5. ikan lele raksasa ada yang pernah lihat? asli gak di tv gak di laptop.

    BalasHapus
  6. gimana cara bikin ikan lele jadi raksasa? pakannya apa yah?

    BalasHapus
  7. mang, nama sy herman. saat ini br mulai mencoba budi daya ikan lele. sy memakai tehnik kolam terpal sebanyak 5 buah ukuran masing2 2x3. tahap awal tgl.29,11,2012 sy tabur 10.000 ekor /klm 2rb. tp saat ini tersisa 2rb ekor an. yg mw sy tnyakan apa langkah2 tuk pemula agar bs sukses dlm usaha ini.kpd mang ogas trima kasih sblm dan sesidah nya atas saran dan bimbingan nya.

    BalasHapus
  8. mang, nama sy herman. saat ini br mulai mencoba budi daya ikan lele. sy memakai tehnik kolam terpal sebanyak 5 buah ukuran masing2 2x3. tahap awal tgl.29,11,2012 sy tabur 10.000 ekor /klm 2rb. tp saat ini tersisa 2rb ekor an. yg mw sy tnyakan apa langkah2 tuk pemula agar bs sukses dlm usaha ini.kpd mang ogas trima kasih sblm dan sesidah nya atas saran dan bimbingan nya.

    BalasHapus
  9. Siang Mas, terimakasih atas artikelnya. Saya Try, kebetulan sebulan ini saya lagi belajar ternak lele di samping rumah. Kemarin saya sebar 5 ribu bibit lele ukuran 2 cm, selama tiga minggu ini, ada yang sudah satu jempol tapi ada juga yang tetap badannya. Cuma yang menyedihkan, yang ukuran udah besar justru tiap hari pasti ada yang mati. Perutnya gelembung, terus ngayang-ngayang di air. Nggak lincah. Sama teman dikasih tahu untuk mencampurkan makanan pelet sama obat terapi ayam. Adakah cara lain mas untuk bisa menyembuhkan ikan-ikan lele itu. Terimakasih, salam kenal mas.

    BalasHapus
  10. link download bokep http://downloadbokep4u.blogspot.com/

    BalasHapus
  11. bang, bisa minta alamat emailnya bang?
    soalnya saya baru belajar budidaya lele
    mohon bimbingannya ya bang
    terimakasih

    BalasHapus
  12. Kalau buat, nafsu makan ikan Mas ,bisa tidak ya Mass Bro

    BalasHapus
  13. cocok gak buat bisnis saya di pemancingan, agar ikan lele semakin ganas dan cepat menyambar umpan..?????

    BalasHapus
  14. terimakasih atas infonya gan.met malem

    BalasHapus
  15. Ijin mencoba resepnya kang, kebetulan lagi coba coba ternak lele.

    BalasHapus
  16. Pake kencur diblender juga efektif broo

    BalasHapus
  17. ada tips untuk suplemen GAn?? thank's

    BalasHapus