twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

ASOSIASI PENGUSAHA LELE MAJALENGKA

ASOSIASI PENGUSAHA LELE MAJALENGKA -
Majalengka Menuju Mina Politan
bersama APLEMA
(Asosiasi Pengusaha Lele Majalengka)
Pengukuhan Asosiasi Pengusaha Lele Majalengka (APLEMA) Oleh Wakil Bupati Majalengka pada tanggal 30 Januari 2013 yang bertempat di Aula gedung Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) yang dihadiri oleh seluruh ketua POKDAKAN Kabupaten Majalengka menjadi cikal bakal Kota Majalengka menuju MINA POLITAN, pada pengukuhan tersebut hadir pula Kepala BP4K, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan beserta Kabid Perikanan dan hadir pula Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan beserta Jajaran penyuluh perikanan.


Dalam sambutan dan pemaparan ketua APLEMA Ade Aam Margani menjelaskan awal Terbentuknya APLEMA Berawal dari rapat – rapat kecil para Pelaku utama dan Pelaku Usaha budidaya perikanan di tahun 2012, dengan berbagai keluhan yang disampaikan dari masing – masing kelompok maka jajaran pendiri yang sekarang menjadi pengurus APLEMA bersepakat untuk membentuk suatu perhimpunan Pelaku utama dan Pelaku Usaha dibidang perikan Lele Khususnya dan bidang perikanan lain pada umumnya.
Ade Aam Margani juga sangat berterimakasih atas bimbingan dan arahan Kepala BP4K H. Abdul Gani M.Si. yang bersedia memberikan arahannya secara langsung, serta bimbingan dan ararahan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan. Berawal dari bimbingan tersebut maka pada tanggal 4 April 2012 di adakan pertemuan yg bertempat di DEPO PASAR IKAN Desa Lengkong Kecamatan Sindangwangi yang dihadiri 77 (tujuh puluh tujuh) orang peserta yang sebagian besar Pelaku utama dan Pelaku Usaha dibidang budidaya lele, dengan hasil kesepakatan di bentuklnya Asosiasi Pengusaha Lele Kabupaten Majalengka dan disingkat APLEMA. Dengan tidak bermaksud mengesampingkan Usaha Budidaya ikan yg lain. APLEMA adalah asosiasi kuhusus bidang usaha Perikanan Lele yang bersifat terbuka untuk segala jenis usaha budidaya ikan, pengolahan dan pemasaran produk perikanan di Kabupaten Majalengka.
Dari cikal – bakal pertemuan 4 April 2012 tersebut setelah melalui proses yang cukup panjang dengan melalui berbagai revisi struktur kepengurusan, sehingga pada akhirnya jajaran pengurus merasakan betul – betul telah solid maka pengurus memutuskan untuk menyampaikan hal ini kepada Bapak Bupati melalui Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian Perikanan Dan Kehutanan, agar APLEMA dapat diketahui dan dikukuhkan sesara langsung oleh Bapak Bupati Kabupaten Majalengka.
“Alhamdulillah berkat Ridha Allah keinginan kami terwujud saat ini bukan hanya diketahui, tetapi Bapak Bupati yang diwakili oleh wakil Bupati Majalengka berkenan menghadiri langsung acara ini” papar Ade Aam kepada SKM BUser
acara ini di ikuti oleh perwakilan dari tiap – tiap kelompok usaha bidang perikanan yang terdiri dari kelompok budi daya Perikanan (POKDAKAN), Sebanyak 300 Kelompok, kelompok pengolahan dan pemasaran hasil perikanan (POKLAHSAR), Sebanyak 100 Kelompok, dan gabungan usaha kelompok bidang perikanan (GAPOKAN) dengan jumlah keseluruhan 400 Kelompok. Dengan keseluruhan jumlah anggota yang tercatat hingga tahun 2012 sebanyak 972 orang.
APLEMA merupakan asosiasi dari pelaku Utama dan Pelaku utama dan Pelaku Usaha dibidang perikanan yang mempunyai visi dan misi yang sama yaitu untuk memajukan usaha dibidang perikanan untuk menjadikan Majalengka menuju MINA POLITAN.
Dalam perjalanan kedepan APLEMA memiliki program kerja yang berapiliasi untuk memperhatikan dan menjembatani dan memajukan para Pelaku utama dan Pelaku Usaha dibidang perikan, dengan harapan dapat menjadikan Kabupaten Majalengka sebagai sentra perikanan air tawar di Jawa Barat. Namun demikian hal tersebut tidak akan terwujud tanpa adanya dukungan dari pihak pemerintah Kabupaten Majalengka. Hal ini diperlukan mengingat begitu besarnya potensi yang ada dikabupaten Majalengka, yang belum termanfaatkan secara maksimal. Dengan tersedianya 50% lebih cadangan Air, sarana dan prasarana yang telah tersedia diantaranya berupa Depo Pasar Ikan, Balai Benih Ikan, Pos Pelayanan Penyuluhan Perikanan (POSYANLUHKAN) dan sarana lain yang menunjang, APLEMA berpengharapan untuk ikut serta membangun dan mengembangkannya, dengan ikut berperan dalam memanfaatkan pasilitas – pasilitas tersebut melalui kebijakan Bapak Bupati
Selain dari pada itu ketua APLEMA Ade Aam Margani menyampaikan beberapa kendala yang APLEMA hadapi antara lain, Mahalnya Harga pakan yang terus merambat naik, belum tersentralisasinya pemasaran, dengan masih dilaksanakannya system pemasaran melalui tengkulak dan pribadi – pribadi, sehingga kesetabilan harga tidak terjamin dan belum bisa berpihak terhadap petani ikan.
Disisi lain secara birokrasi dan politis bantuan – bantuan program yang di sampaikan ke kelompok masyarakat belum teridentifikasi dengan benar dengan banyaknya bantuan baik yang berupa bantuan permodalan uang maupun permodalan peralatan dan sarana, bahkan proyek percontohan atau demplot masih banyak yg tersalurkan ketangan kelompok yang belum memiliki kecakapan dalam bidang Perikanan sehinga bantuan tersebut tidak termanfaatkan dengan baik.
Dibidang pembinaan, dikabupatan Majalengka telah banyak kelompok yang menjadi juara tingkat Provinsi bahkan juara tingkat Nasional namun pembinaanya hanya sebatas seremonial untuk pencapaian prestasi saja, sedangkan dalam pembinaan lanjutannya terabaikan sehingga kelompok – kelompok tersebut kembali terpuruk setelah perlombaan selesai. APLEMA menyadari hal ini terjadi karena keterbatasan tenaga penyuluh perikanan di lapangan. Sehingga dalam kesempatan ini pula APLEMA mengusulkan untuk penambahan tenaga penyuluh perikanan baik yang PNS maupun Penyuluh Swadaya agar kelompok pembudaya ikan dapat terbina dengan baik.
Segala permasalahan tersebut sebagian diantaranya sangat perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah dibawah kepemimpinan Bapak Bupati. APLEMA menyadari bahwa segala upaya pemerintah dibawah kepemimpinan Bapak Bupati H. Sutisno Se. M.Si. untuk memajukan masyarakat Majalengka termasuk APLEMA didalamnya tidak akan tercapai manakala masyarakat tidak menyambutnya dengan baik, oleh karenanya APLEMA merasa sangat perlu mengawal dan mensukseskan segala program yang telah dan akan dilaksanakan oleh Bapak Bupati.
Pada kesempatan itu APLEMA menyatakan sikap untuk terus Mendukung Program – program Bapak Bupati H. Sutrisno. Se. M.Si. agar dapat melanjutkannya pada periode ke dua bersama Bapak Wakil Bupati DR H. Karna Sobahi.M Pd.

3 komentar:

  1. link download bokep http://downloadbokep4u.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Jual produk-produk untuk pembenihan ikan al : Artemia, Spirulina,Ovaprim,Multivitamin, Probiotik dll. Untuk informasi dan pemesanan silahkan hub 0812 2841 280

    BalasHapus
  3. met mlm kang ogas,mantap bisnis lele nya.moga makin berkembang dan sukses.
    Nitip link ya..
    Buat para pemula peternak bebek pedaging,
    para pengepul,pengusaha,bandar,supplier dan pebisnis bebek pedaging muda,khususnya yang berada di wilayah area Majalengka dan sekitarnya.
    Kami siap bermitra dengan para sobat semuanya.
    Jual beli bebek pedaging muda jenis Hibrida (umur 30-35hari) dan bebek lokal (umur 50-60 hari)
    www.bebekmaster.heck.in
    Kontak via sms 085295951010

    BalasHapus